FAQ

GENERAL

Apa itu SKU?

SKU adalah Stock Keeping Unit. 1 SKU = 1 artikel per warna

 

FEES & PAYMENT

Apa itu commission/margin?

Commission/margin adalah presentase untuk Zalora yang akan dipotong pada sales report Anda setiap bulannya.

Bagaimana saya dapat mengetahui besarnya margin tersebut?

Untuk segala bentuk fee yang dipotong, kami menyarankan untuk mengacu pada kontrak kerja sama Seller dan Zalora.

Bagaimana dengan proses Pembayaran / Terms of Payment?

Proses payment seperti berikut :

1.    Sales report dapat Anda check pada Seller Center > Reports > Account Statement.

2.    Payment akan di transfer sekitar tanggal 18-21 di bulan berikutnya melalui tim finance kami.

3.    Sales Report akan berdasarkan barang sampai (delivered items) 

Bagaimana Proses Pajak?

Jika anda terdaftar sebagai PKP (harus PT atau CV), maka Zalora Marketplace akan membutuhkan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Lalu kami mengirimkan faktur pajak melalui email yang terdaftar di Seller Center.

Untuk seller yang terdaftar sebagai non PKP, pajak akan di proses oleh Zalora finance team.

Kenapa ada order cancellation fee?

Karena Zalora tidak memegang produk anda secara fisik, Zalora Marketplace tim memberikan kepercayaan lebih kepada anda untuk meng-update stok di Seller Center jika ternyata jumlah stok yang terjual tidak sesuai dengan jumlah yang ada.

Zalora Marketplace ingin memberikan pelayanan terbaik kepada customer Zalora, sehingga cancellation fee / denda diberlakukan agar anda juga memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer Zalora.

 

SETTING UP YOUR ACCOUNT

 Tidak bisa login karena tidak mendapat email dari SellerCenter?

Silahkan cek di promotion tab/spam di inbox anda. Kalau masih tidak menemukan, silahkan coba search melalui search bar dengan keyword Zalora Seller Center atau menghubungi seller-support@id.zalora.com

Tidak bisa login, terdapat tulisan Access Denied?

Masuk ke browser history anda, lalu klik di pilihan clear cache & cookies. 

Apakah ukuran banner?

·         Banner: 996 x 250px

Silahkan kirimkan brand banner anda ke email seller-support@id.zalora.com

Email apa yang tidak bisa di daftarkan di Seller Center?

Email dengan awalan sales, admin, contact, support, dll.

Apa karakter standard untuk pembuatan password Seller Center?

Minimum 8 karakter dengan huruf besar, huruf kecil & angka.

Apakah bisa memiliki lebih dari satu brand di dalam satu shop?

Di dalam satu shop bisa terdaftar lebih dari satu brand.

Bagaimana merubah data-data di Seller Center? Seperti alamat, nomor telepon, dan lain-lain?

Klik setting > your profile > di bagian paling 

 

CREATING & UPLOADING PRODUCTS

Bagaimana membuat Foto untuk produk?

·         4 foto /SKU (harus menggunakan model untuk produk apparel)

·         Angle foto yang dibutuhkan minimum adalah depan, belakang, samping dan seluruh badan (untuk apparel)

·         Ukuran resolusi 762 x 1100 pixel.

·         Background foto harus putih/abu-abu terang

 

Kenapa setelah di upload produk tidak langsung tampil di website?

Setelah upload, produk akan masuk terlebih dahulu ke proses Quality Control (QC) yang bekerja 1 x 24 jam di hari kerja.

Mengapa masih tertanda ( X ) di visibility tab product overview?

Klik di tanda ( X ) akan ada keterangan dengan tanda ( X ) dan checklist. Tanda ( X ) dapat memungkinkan karena product Anda tidak lolos QC / tidak mempunyai stock / tidak ada images / alasan lainnya.

Kenapa brand tidak muncul saat proses upload?

Brand hanya akan muncul pada proses upload jika sudah didaftarkan. Jika brand anda belum terdaftar silahkan request by email ke seller-support@id.zalora.com

Bagaimana cara mengubah stock di Seller Center?

1.    Masuk ke tab product > Manage Product

2.    Pilih SKU yang akan diubah stocknya

3.    Hover dibagian angka stock & akan muncul gambar pensil

4.    Klik di gambar pensil tersebut & masukan jumlah stock yang sesuai

Bagaimana cara mengubah / memasukan diskon di SellerCenter?

1.    Masuk ke tab product > Manage Product

2.    Pilih SKU yang akan diubah diskonnya

3.    Hover dibagian Sale Price & akan muncul gambar pensil (harga yang dimasukan di kolom tersebut adalah harga akhir setelah harga normal dikurangi presentase diskon)

4.    Klik di gambar pensil masukan diskon yang sesuai

 

MANAGING YOUR ORDERS

Order Flow

Proses Order nya sangat simple dan mudah. Ketika ada order yang sudah di verifikasi:

Pickup Service:

1.    Seller akan mendapat notifikasi melalui email

2.    Mempersiapkan barang nya, packing barang yang di order

3.    Print invoice dan shipping label

4.    Klik ready to ship melalui Seller Center

5.    Kurir akan menjemput barang anda di lokasi pick up yang sudah di tentukan sebelumnya

JNE Drop Off Cashless Service:

1.   Seller akan mendapat notifikasi melalui email

2.    Mempersiapkan barang nya, packing barang yang di order

3.    Print invoice dan shipping label

4.    Klik ready to ship melalui Seller Center

5.    Drop paket ke cabang JNE sesuai dengan yang diinfokan ke team Zalora

Bagaimana proses Return barang?

Proses return barang seperti berikut:

1.    Jika Customer ingin menukar/mengembalikan barang :

o    Customer harus mengirim terlebih dahulu kepada Zalora Warehouse

o    Pihak Zalora Warehouse akan melakukan proses Quality Control (QC) secara profesional (pentingnya setiap sellers mempunyai hangtag/label)

        iii.        Jika produk yang dikembalikan tidak melewati proses QC, maka barang akan dikembalikan kepada Customer

       iv.        Jika produk yang dikembalikan melewati proses QC, maka barang akan dikirim kepada Seller. Biaya kirim dari Zalora Warehouse ke Seller akan ditanggung oleh Seller (biaya kirim refer ke Shipping fee)

2.    Jika Seller menerima barang return dikarenakan customer mengembalikan barang (failed delivery) :

  o     Tidak ada denda yang dikenakan.

Barang apa sajakah yang tidah bisa dikembalikan?

Barang beauty/kosmetik, lingerie/pakaian dalam, produk luxury, jam tangan, mainan anak dan perhiasan.

Bagaimana cara meng-cancel order saat status sudah Ready To Ship?

Kirimkan email ke seller-support@id.zalora.com dengan kelengkapan nomor order & alasan cancel.

 

ACCOUNT MANAGEMENT

Apa Marketing channels yang Zalora gunakan untuk membantu penjualan seller?

Zalora akan membantu boosting penjualan brand/store sellers di Zalora melalui berbagai marketing channels seperti newsletter, Instagram, Facebook dan social media lainnya.

 

Berapa harga biaya marketing?

Biaya marketing tergantung dari segment campaign apa yang dipilih oleh Seller, untuk lebih jelasnya Anda dapat menghubungi Account Manager masing-masing.

 

Bagaimana cara mengikuti campaign di Seller Center? Adakah biaya yang harus dikeluarkan?

Mengikuti campaign yang tersedia di Seller Center tidak dikenakan biaya, namun Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku pada campaign tersebut.

Untuk mengikuti campaign di Seller Center, pada dashboard Seller Center Anda akan terdapat janis-jenis campaign yang dapat Anda ikuti, Anda dapat langsung mengklik “Join The Promotion” 

 

 

Bagaimana cara meningkatkan penjualan di Zalora?

Untuk meningkat penjualan, coba cara-cara berikut :

·         Melalui Produk

Upload produk sebanyak-banyaknya. Jangan pernah hanya mencoba-coba karena terdapat puluhan ribu produk di Marketplace. Jika anda hanya mengupload kurang dari 30 produk, maka produk anda akan tenggelam dengan produk-produk dari supplier lain dalam hitungan hari. Ingat "Supply creates demand!"

·         Melalui Harga

Pastikan anda memberikan harga terbaik yang dapat bersaing dengan produk-produk dari supplier lain. Berikan juga diskon yang menarik untuk meningkatkan daya tarik customer

·         Melalui Stock

Jangan lupa untuk mengupdate stock anda. Jangan sia-siakan kesempatan menjual produk lebih banyak lagi!

·         Melalui Foto

Bisnis online adalah bisnis yang menjual barang melalui foto. Selalu perhatikan kualitas foto anda dan buatlah semenarik mungkin.

·         Melalui Campaign

Zalora selalu memberikan marketing effort dan traffic yang lebih besar saat campaign. Selalu ikuti campaign yang kami adakan untuk memperbesar kesempatan produk anda terjual lebih banyak.

 

Bagaimana cara agar produk saya bisa tampil di halaman depan?

Produk-produk yang berada di halaman depan berdasarkan Popularitas, disortir berdasarkan perhitungan banyaknya produk yang diklik lalu dibeli.Anda hanya memiliki otoritas untuk mengatur produk-produk yang dipilih berdasarkan Produk Baru. Agar produk anda selalu tampil di halaman depan produk baru, upload-lah produk-produk baru secara berkala.

 

Apakah saya dapat melakukan promo secara individual?

Anda dapat melakukan promo khusus untuk shop anda. Informasikan hal ini satu minggu sebelumnya ke Account Manager anda masing-masing dan kami akan memberikan marketing support untuk anda.