Back to Home
 

FAQ


GENERAL
Apa itu SKU?

FEES & PAYMENT
Untuk apa ada Deposit?
Kapan deposit akan dikembalikan?
Bagaimana dengan proses Pembayaran / Terms of Payment?
Bagaimana Proses Pajak?
Kenapa ada order cancellation fee?

SETTING UP YOUR ACCOUNT
Tidak bisa login karena tidak mendapat email dari SellerCenter?
Tidak bisa login, terdapat tulisan Access Denied?
Apakah ukuran banner & logo?
Kenapa terdapat tulisan Account Not Verified di Seller Center?
Apa pengaruh dari account yang belum verified?
Email apa yang tidak bisa di daftarkan di Seller Center?
Apa karakter standard untuk pembuatan password Seller Center?
Apakah bisa memiliki lebih dari satu brand di dalam satu shop?

CREATING & UPLOADING PRODUCTS
Bagaimana membuat Foto untuk produk?
Kenapa setelah di upload produk tidak langsung tampil di website?
Mengapa masih tertanda ( X ) di visibility tab product overview?
Kenapa brand tidak muncul saat proses upload?
Bagaimana cara mengubah stock di SellerCenter?
Bagaimana cara mengubah / memasukan diskon di SellerCenter?

MANAGING YOUR ORDERS
Order Flow
Kenapa invoice tidak bisa di print?
Bagaimana cara mengeprint invoice & airwaybill saat status sudah Ready To Ship?
Bagaimana cara Shipping?
Di mana ada tempat Pick Up?
Berapa harga shipping fee?
Bagaimana proses Return barang?
Barang apa sajakah yang tidak bisa dikembalikan?
Bagaimana cara meng-cancel order saat status sudah Ready To Ship?

ACCOUNT MANAGEMENT
Apa Marketing channels yang Zalora gunakan untuk membantu penjualan seller?
Berapa harga biaya marketing?
Bagaimana cara mendapatkan banner pada page Zalora Marketplace?
Bagaimana cara meningkatkan penjualan di Zalora?
Bagaimana cara agar produk saya bisa tampil di halaman depan?
Apakah saya dapat melakukan promo secara individual?
 

GENERAL

 

Apa itu SKU?

SKU adalah Stock Keeping Unit. 1 SKU = 1 artikel per warna

Back to Top
 

FEES & PAYMENT

 

Untuk apa ada Deposit?
Untuk menjaga jika terjadi negative balance, misalnya terjadi return yang tinggi atau ada cancellation dari pihak seller yang melebihi dari jumlah order.

 

Kapan deposit akan dikembalikan?
Deposit akan dikembalikan full jika kontrak anda dan Zalora berakhir, dan anda tidak berkenan untuk melanjutkan berjualan di Zalora Marketplace.

 

Bagaimana dengan proses Pembayaran / Terms of Payment?
Proses payment seperti berikut :

  1. Sales report akan dikirim melalui email sekitar tanggal 10 dibulan berikutnya.
  2. Payment akan di transfer sekitar tanggal 15-18 di bulan berikutnya melalui tim finance kami.
  3. Sales Report akan berdasarkan barang sampai (delivered items)

Sales Report dapat di cek secara langsung di Seller Center.

 

Bagaimana Proses Pajak?
Jika anda terdaftar sebagai PKP (harus PT atau CV), maka Zalora Marketplace akan membutuhkan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Lalu kami akan melampirkan faktur pajak ketika mengirimkan sales report.

Untuk seller yang terdaftar sebagai non PKP, pajak akan di proses oleh Zalora finance team.

 

Kenapa ada order cancellation fee?
Karena Zalora tidak memegang produk anda secara fisik, Zalora Marketplace tim memberikan kepercayaan lebih kepada anda untuk meng-update stok di Seller Center jika ternyata jumlah stok yang terjual tidak sesuai dengan jumlah yang ada.
Zalora Marketplace ingin memberikan pelayanan terbaik kepada customer Zalora, sehingga cancellation fee / denda diberlakukan agar anda juga memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer Zalora.

Back to Top
 

SETTING UP YOUR ACCOUNT

 

Tidak bisa login karena tidak mendapat email dari SellerCenter?
Silahkan cek di promotion tab/spam di inbox anda. Kalau masih tidak menemukan, silahkan coba search melalui search bar dengan keyword
Zalora Seller Center.

 

Tidak bisa login, terdapat tulisan Access Denied?
Masuk ke browser history anda, lalu klik di pilihan clear cache & cookies.

 

Apakah ukuran banner & logo?

  • Banner: 524 x 220 px
  • Logo: 520 x 354px

Back to Top

 

Kenapa terdapat tulisan Account Not Verified di Seller Center?
Setiap shop baru harus melengkapi data profil terlebih dahulu yang setelah itu akan direview oleh team onboarding. Mengikuti langkah-langkah yang ada di
video training ini.
Account seller akan otomatis verified setelah mendapat approval dari team onboarding.

 

Apa pengaruh dari account yang belum verified?
Seller belum bisa memulai proses upload jika account belum verified.

 

Email apa yang tidak bisa di daftarkan di Seller Center?
Email dengan awalan sales, admin, contact, support, dll.

 

Apa karakter standard untuk pembuatan password Seller Center?
Minimum 8 karakter dengan uppercase, lowercase & angka.

 

Apakah bisa memiliki lebih dari satu brand di dalam satu shop?
Di dalam satu shop bisa terdaftar lebih dari satu brand, hanya saja nama shop tidak boleh sama dengan nama salah satu brand yang ada di dalamnya.

Back to Top
 

CREATING & UPLOADING PRODUCTS

 

Bagaimana membuat Foto untuk produk?

  • 4 foto /SKU
  • Angle foto yang dibutuhkan minimum adalah depan, belakang & samping.
  • Ukuran resolusi minimal 762 x 1100 pixel.
  • Boleh foto studio, indoor. Tetapi disarankan foto outdoor untuk Marketplace.

 

Kenapa setelah di upload produk tidak langsung tampil di website?
Setelah upload, produk akan masuk terlebih dahulu ke proses Quality Control (QC) yang bekerja 3 x 24 jam di hari kerja, dari sana akan
ditentukan apakah produk layak untuk go live atau tidak.

 

Mengapa masih tertanda ( X ) di visibility tab product overview?
Klik di tanda ( X ) akan ada keterangan dengan tanda ( X ) dan checklist.

Back to Top

 

Kenapa brand tidak muncul saat proses upload?
Brand hanya akan muncul pada proses upload jika sudah didaftarkan. Jika brand anda belum terdaftar silahkan request by email ke seller-support@zalora.co.id

 

Bagaimana cara mengubah stock di SellerCenter?

  1. Masuk ke tab product > Manage Product
  2. Pilih SKU yang akan diubah stocknya
  3. Hover dibagian angka stock & akan muncul gambar pensil
  4. Klik di gambar pensil tersebut & masukan jumlah stock yang sesuai

 

Bagaimana cara mengubah / memasukan diskon di SellerCenter?

  1. Masuk ke tab product > Manage Product
  2. Pilih SKU yang akan diubah diskonnya
  3. Hover dibagian Sale Price & akan muncul gambar pensil
  4. Klik di gambar pensil masukan diskon yang sesuai

 Back to Top

 

MANAGING YOUR ORDERS
 

Order Flow
Proses Order nya sangat simple dan mudah. Ketika ada order yang sudah di verifikasi:

  1. Seller akan mendapat notifikasi melalui email
  2. Mempersiapkan barang nya, packing barang yang di order
  3. Klik ready to ship melalui Seller Center
  4. Kurir akan menjemput barang anda di lokasi pick up yang sudah di tentukan sebelumnya

 

Kenapa invoice tidak bisa di print?
Buka account Seller Center anda menggunakan browser selain Google Chrome, seperti misalnya Mozilla atau Firefox.

 

Bagaimana cara mengeprint invoice & airwaybill saat status sudah Ready To Ship?

  1. Klik pada box checklist di bagian order yang invoice & AWBnya akan di print
  2. Di bagian atas kiri dibawah tulisan Order Review akan ada kotak dengan pilihan dokumen yang bisa di print
  3. Pilih salah satu lalu klik Go.

 

Bagaimana cara Shipping?
Proses shipping akan di lakukan oleh Zalora 3PL (Third Party Logistics) dari tempat Sellers ke seluruhIndonesia.

 

Di mana ada tempat Pick Up?
Kota yang bisa dijadikan tempat pick up:

  • JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)
  • Semarang
  • Surabaya
  • Bandung
  • Bali
  • Malang
  • Medan
  • Yogyakarta

Back to Top

 

Berapa harga shipping fee?
Shipping fee dicover oleh Seller atau Customer. Biaya Kirim berdasarkan tujuan (per kilogram per order):

  • Zona 1 (Jakarta) : Rp 8 000
  • Zona 2 (Banten, Jawa Barat) : Rp 12 000
  • Zona 3 (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Yogyakarta, Sumatra, Kalimantan) : Rp 25 000
  • Zona 4 (Indonesia Timur) : Rp 35 000

 

Bagaimana proses Return barang?
Proses return barang seperti berikut:

  1. Jika Customer ingin menukar/mengembalikan barang :
    • Customer harus mengirim terlebih dahulu kepada Zalora Warehouse
    • Pihak Zalora Warehouse akan melakukan proses Quality Control (QC) secara profesional (pentingnya setiap sellers mempunyai hangtag/label)
    1. Jika produk yang dikembalikan tidak melewati proses QC, maka barang akan dikembalikan kepada Customer
    2. Jika produk yang dikembalikan melewati proses QC, maka barang akan dikirim kepada Seller. Biaya kirim dari Zalora Warehouse ke Seller akan ditanggung oleh Seller (biaya kirim refer ke Shipping fee)
  2. Jika Seller menerima barang return dikarenakan penukaran size atau kesalahan pengiriman :
    • Seller diwajibkan untuk mengirim kembali produk sesuai request, dan akan di pick up oleh Zalora 3PL
  3. Jika Seller menerima barang return dikarenakan customer mengembalikan barang (failed delivery) :
    • Tidak ada denda yang dikenakan.

Barang apa sajakah yang tidah bisa dikembalikan?
Barang beauty/kosmetik, lingerie/pakaian dalam, jam tangan, dan perhiasan.

 

Bagaimana cara meng-cancel order saat status sudah Ready To Ship?
Kirimkan email ke
seller-support@zalora.co.id dengan kelengkapan nomor order & alasan cancel.

Back to Top
 
 
ACCOUNT MANAGEMENT
 

Apa Marketing channels yang Zalora gunakan untuk membantu penjualan seller?
Zalora akan membantu boosting penjualan brand/store sellers di Zalora melalui berbagai marketing channels seperti newsletter, Google Ads,
Facebook dan social media.

 

Berapa harga biaya marketing?
Zalora tidak akan mengenakan biaya marketing.

 

Bagaimana cara mendapatkan banner pada page Zalora Marketplace?
Banner akan diberikan apabila supplier mengadakan promo besar atau mengupload produk minimal 200 untuk kategori pakaian, sepatu, serta aksesoris dan minimal 500 untuk produk jam tangan atau phone case. Banner juga bisa diberikan kepada supplier yang memiliki performa
baik di Marketplace.

Back to Top

 

Bagaimana cara meningkatkan penjualan di Zalora?
Untuk meningkat penjualan, coba cara-cara berikut :

  • Melalui Produk
    Upload produk sebanyak-banyaknya. Jangan pernah hanya mencoba-coba karena terdapat puluhan ribu produk di Marketplace. Jika anda hanya mengupload kurang dari 30 produk, maka produk anda akan tenggelam dengan produk-produk dari supplier lain dalam hitungan hari. Ingat "Supply creates demand!"
  • Melalui Harga
    Pastikan anda memberikan harga terbaik yang dapat bersaing dengan produk-produk dari supplier lain. Berikan juga diskon yang menarik untuk meningkatkan daya tarik customer
  • Melalui Stock
    Jangan lupa untuk mengupdate stock anda. Jangan sia-siakan kesempatan menjual produk lebih banyak lagi!
  • Melalui Foto
    Bisnis online adalah bisnis yang menjual barang melalui foto. Selalu perhatikan kualitas foto anda dan buatlah semenarik mungkin.
  • Melalui Campaign
    Zalora selalu memberikan marketing effort dan traffic yang lebih besar saat campaign. Selalu ikuti campaign yang kami
    adakan untuk memperbesar kesempatan produk anda terjual lebih banyak.

 

Bagaimana cara agar produk saya bisa tampil di halaman depan?
Produk-produk yang berada di halaman depan berdasarkan Popularitas, disortir berdasarkan perhitungan banyaknya produk yang diklik lalu dibeli.Anda hanya memiliki otoritas untuk mengatur produk-produk yang dipilih berdasarkan Produk Baru. Agar produk anda selalu tampil di
halaman depan produk baru, upload-lah produk-produk baru secara berkala.

 

Apakah saya dapat melakukan promo secara individual?
Anda dapat melakukan promo khusus untuk shop anda. Informasikan hal ini satu minggu sebelumnya ke Account Manager anda masing-masing dan kami akan memberikan marketing support untuk anda.

Back to Top
Back to Home